Tips Membuka Bisnis Batik dengan Modal Minim, tapi Bisa Untung Gedhe

Tips Membuka Bisnis Batik

pabrik batik – Sahabat Muda, zaman teknologi yang semakin canggih ini dengan dukungan internet dan moda transportasi tentu semakin mudah manusia menyebarkan informasi dan menelusuri berbagai daerah dengan budged yang sangat murah dibanding dengan masa 20 tahun yang lampau. Nah jika sahabat kebetulan belum punya pekerjaan tetap atau merasa belum pas dengan pekerjaan yang ditekuni saat ini, maka anda bisa mencoba peruntungan bisnis di dunia fashion khususnya Batik.

Ada banyak sekali alasan mengapa sahabat muda perlu mempertimbangkan untuk melakukan action memilih usaha batik sebagai peluang usaha yang cerah di masa depan anda. Coba sahabat perhatikan, Instruksi pemerintah di tiap Kota atau Kabupaten yang pada giat mewajibkan pegawai negeri Sipil atau PNS untuk berseragam batik di antara hari kerjanya. Begitu pula ketika anda mengunjungi kantor kantor swasta semisal bank, klinik kesehatan, dan lain lainnya yang juga mengikuti arus yang mengatur peagwainya untuk berseragam batik. Kalau siswa sekolah beserta bapak dan ibu gurunya malahan sudah lama duluan punya seragam batik untuk baju harian mereka. Tentu ini sebuah peluang yang bagus untuk digarap kan? Apalagi trend batik sekarang sudah bergeser dari pakaian adat menuju pakaian semi formal yang cocok dan elegan dipakai untuk menghadiri berbagai acara contohnya pesta pernikahan, pesta peresmian, seminar, silatnas dan sebagainya.

Berikut ini ada beberapa tips untuk anak muda yang mau buka bisnis batik dengan modal awal terbatas:

  1. Modal membuka bisnis batik

Bagi pebisnis batik pemula, pasti sering mengeluhkan tentang keterbatasan modal. Sering terpikirkan diawal awal usaha adalah tentang persiapan toko sebagai gallery penjualannya, dana untuk menyediakan stock batik yang lumayan banyak, belanja manikin dan sebagainya. Yang semua itu sahabat muda perlu menyediakan dana yang bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah diawal awal. Silahkan berhenti berandai andai punya modal banyak ya sahabat, nanti malah anda tidak jadi berbisnis, atau seandainya orang tua anda meminjami dana yang cukup, anda pasti kebigungan setelahnya karena anda salah mengambil keputusan.

Dalam bisnis batik, sisi yang paling harus mendapatkan perhatian utama adalah bagaimana caranya anda mendapatkan pembeli pertama, kedua, ketiga dan seterusnya. Dengan kata lain sahabat menggarap marketing bisnis duluan yang menjadi ujung tombak usaha yang akan anda rintis. Dalam mengerjakan marketing, anda harus tentukan dahulu, mau mengerjakan peluang bisnis batik ritail / satuan atau mau mengerjakan bisnis seragam batik yang dalam satu pembelian terdapat banyak baju batik yang terjual secara partaian.

Nah misalnya saja anda pilih bisnis pengadaan seragam batik untuk sekolahan dan kantor. Nah modal awal anda sebenarnya cukuplah ringan saja. Anda bisa memulai bisnis anda dengan membuat proposal pengajuan kerjasama yang isinya bahwa bisnis anda bisa membantu mereka dalam membuat seragam baju batik dengan kualitas yang sangat bagus dan tentu saja dengan harga yang lebih murah dari competitor. Buatlah desain proposal sebagus mungkin. Mintalah jasa pembuatan proposal professional untuk mengerjakannya. Sertakan pula bendel potongan macam macam kain batik dalam katalognya. Untuk lebih menyakinkan silahkan buat dua atau tiga baju batik sebagai sample dengan tiga ukuran berbeda untuk ditunjukkan sebagai contoh ketika anda presentasi di depan calon klien anda. Setelah proposal, katalog dan sample baju jadi, mulailah melakukan pendekatan kepada pegawai bagian pembelanjaan baik sekolahan, maupun kantor kantor untuk mendapatkan order partai besar. Untuk order partai kecil, anda bisa menghubungi pihak wedding organizer, catering , makeup artis atau pengusaha dekorasi untuk mendapatkan data base orang – orang yang akan menyelenggarakan acara hajatan. Tentu saja anda akan mendatangi satu satu dari data base tersebut dan menawari baju seragam batik kepada mereka dengan tawaran yang sebagus mungkin.

Oke ya sahabat, kamu bisa menghitung berapa budged untuk membuat semua yang disarankan tadi, kiranya tidak sampai satu juta rupiah. Namun hasilnya bisa menyamai competitor yang punya gallery dan modal yang besar.

  • Produksi baju seragam batiknya

Nah bagaimana kalau sahabat muda sudah mendapatkan orderan pertama dan bingung cara produksinya. Tenang dulu slow down ya sahabat. Mungkin kalau papa anda yang kaya raya memberi suntikan modal 200 juta kepada anda, yang terpikirkan dahulu bisa jadi adalah membeli satu set komplit alat konveksi / jahit dan mencari karyawan. Nah karena ini judulnya dengan modal terbatas, sahabat bisa mencari rekanan maklon pembuatan baju seragam batik yang professional. Kalau sahabat mengetik di google, anda akan menemukan banyak pabrik batik yang menawarkan pabrik kain batik custom dan juga memberi penawaran jasa konveksi seragam batik dengan berbagai penawaran yang menarik. Silahkan pilih salah satu yang menurut riset anda paling kredible pelayanannya dan berani memberikan harga termurah untuk anda. Tapi ingat ya, mencari mitra pabrik batik yang mampu menyuplai barang untuk anda ini harus dilakukan diawal awal. Kalau bisa anda mengantongi alamat satu atau dua produsen batik yang pelayanannya bagus. Untuk mengetahui apakah mereka kredible atau tidak, anda bisa mencari referensi dari competitor. Cari sendiri caranya ya…..

Dengan menyerahkan orderan pengadaan baju seragam batik yang anda dapatkan ke pabrik maklon batik, bisnis anda tidak perlu repot repot dalam urusan produksi yang jelimet, dan kadang memusingkan bagi pebisnis pemula. Anda bisa terima bersih dan mengambil sedikit keuntungan dari selisih harga penjualan dengan harga yang diminta oleh pihak pabrik batiknya.

Misalnya saja anda mendapatkan order baju seragam batik untuk siswa sekolah yang berjumlah 250 pieces kemeja batik. Harga ke sekolah adalah Rp 45 ribu sedangkan harga dari pabrik Rp. 42 ribu sudah termasuk transport dan kemasan. Nah anda tinggal mengalikan selisih harga yaitu Rp 45 rb – Rp 42 = dan anda mendapatkan untung  Rp. 3 ribu. Kemudian Rp 3 ribu x 250 pcs = total keuntungan anda bisa mencapai = Rp 750 ribu rupiah.

Nah sobat, pernahkan terpikirkan carayang demikian. Itu baru perhitungan keuntungan paling minim, bagaimana jika anda bisa menjual dengan keuntungan yang lebih misalnya jika kualitas produknya anda tingkatkan sehingga hasil jadi batik bisa sangat bagus dan nilai jual yang meningkat.

  • Mencari pemasok batik dengan harga produk termurah

Mencari pemasok batik yang paling murah merupakan suatu langkah yang tepat ketika anda berbisnis batik. Banyak penjual yang menawarkan kualitas batik yang super bagus, namun harganya sering masih terlalu tinggi dan layanannya kurang lengkap. Nah cara yang jitu yaitu mencari pemasok batik yang berasal dari sentra batik atau pengrajin batik atau pabrik batik langsung.

Salah satu tempat yang wajib anda kunjungi untuk berburu pengrajin batik adalah kampong Pilang di kecamatan Masaran Sragen jawa tengah. Disini banyak pengrajin batik mulai batik tulis, batik cap, dan batik printing yang menerima order pembuatan kain batik maupun sekaligus konveksi baju batik dengan kualitas unggul namun bisa didapatkan dengan harga termurah. Untuk urusan kualitas, sabahat cukup yakin saja, karena para pengrajin disini nyatanya merupakan pemasok kebutuhan batik di pasar pasar trade center batik yang ada di kota Solo dan sekitarnya.

Nah jadi pedagang besar dan pengusaha busana yang besar aja banyak yang memilih maklon kan order mereka. Nah apalagi sahabat muda yang baru memulai bisnis.

  • Tips terakhir yaitu ingatlah dan perbayak berdoa. Apapun usaha anda kalau Tuhan belum berkehendak pasti gagal ditengah jalan. Nah perbanyaklah doa doamu agar Tuhan mempermudah anda memulai bisnis batik. 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *