MAU BAJU BATIK AGAR TETAP AWET, SIMAK TIPS TIPS BERIKUT INI

Tips Baju Tetao Awet

pabrik batik – Hallo batik lovers, tentu semua pecinta baju batik tidak rela kalau baju batik yang menjadi kesayangannya warnanya cepat menjadi pudar ketika hanya baru beberapa bulan dipakai dan hanya beberapa kali saja dicuci. Tentu tidak enak dong kalau anda pakai baju batik untuk kerja atau untuk menghadiri kondangan, tetapi baju batik yang anda kenakan warnanya pudar, sehingga membuat anda kurang pede di hadapan kawan kawan dan kolega anda.

Batik lovers harus tahu ya, baju batik ternyata memerlukan perlakuan yang berbeda dari baju dari bahan tekstile lainnya. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk merawat batik kesayangan anda agar warnanya tetap awet, tidak memudar, jahitanya tetap kuat walau sering dipakai dan dicuci:

1. Anda bisa memisahkan baju batik anda begitu baju itu kotor. Anda bisa mencuci batik kesayangan anda terpisah dari pakaian lain, dan bisa gunakan sabun khusus batik yang bisa dibeli di toko perlengkapan membatik.

2. alternative yang bisa anda gunakan adalah mempergunakan shampoo rambut untuk mencuci batik kesayangan anda. Busa yang dihasilkan oleh shampoo cukup aman untuk warna batik dan tidak membuat warna batik rusak seperti kalau anda menggunakan detergen biasa.

3. Penting ya, kalau batik anda terkena noda yang sulit dibersihkan misalnya terkena noda makanan atau saus sambal maka jangan sampai anda mencoba menyikatnya dengan kuat sehingga bisa merusak serat kain batik. Solusinya adalah dengan memberi sabun mandi dan gosokan dengan kulit jeruk pada kain yang terkena noda tersebut dan noda akan mudah hilang dengan sedikit menyikat dengan ringan.

4. Walaupun anda punya mesin cuci yang bagus, maka jangan coba – coba anda mencuci baju batik anda ke mesin cuci ya. Atau anda akan segera menemukan baju batik anda cepat merudul dan robek.

5. Selain jangan mencuci dengan mesin, anda jangan sampai memeras baju batik ketika sudah dibilas ya, atau anda juga bisa merusak baju batik anda.

6. Baju batik sebaiknya hindarkan dari sinar matahari langsung. Cukup diangin anginkan dibawah genteng teras sudah cukup, atau bahasa lainnya cukup diangin anginkan saja. Hal ini adalah cara agar warna batik anda tidak cepat memudar. Tentu hal ini juga berlaku ketika anda menyetrika, jangan sampai batik terkena panas langsung agar tidak merusak warna batik kesayangan anda.

7. setelah di setrika anda bisa menggantungnya di dalam lemari untuk persiapan dipakai dalam waktu dekat. Tetapi kalau tidak ada rencana, maka lipat saja baju batik anda dan dimasukkan ke dalam plastik agar tidak bau. Hindari penggunaan kamper / kapur barus di dalam lemari.

Bagaimana sobat batik lovers, sudah paham bagaimana cara merawat batik kesayangan anda? Silahkan dipraktekkan ya. Saying sekali kalau baju batik andalan anda untuk tampil keren harus cepat pudar warnanya dan membuat anda menjadi kurang percaya diri.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *