Explore Solo, Berburu ke Surganya Batik

Explore Solo, Berburu ke Surganya Batik

Kalau sobat merasa sebagai pecinta fashion dan pecinta budaya local, maka tidak ada salahnya mengagendakan liburan ke Solo untuk jalan jalan di kala hari libur sembari berbelanja batik dan sekaligus menambah wawasan anda tentang batik. Eh siapa tahu di dalam penelusuran sobat di sentra sentra penjualan maupun produksi batik, sobat menemukan ide creative dan menjadi kegiatan baru yang menyenangkan. Misalnya saja menjadi pebisnis boutique batik.

Dalam article ini sobat bisa menemukan tempat tempat mana saja yang bisa kalian kunjungi untuk menemukan batik yang terbaik dari kota Solo. Jangan lupa catat ya beberapa tempat ini di dalam buku catatan anda agar tidak lupa.

Kampung Batik Kauman

Kampung Batik Kauman merupakan tempat pusat penjualan sekaligus rumahnya para pengrajin batik sejak zaman dahulu dan masih bertahan sampai sekarang yang terkenal di kota Solo. Daerah ini letaknya di sebelah selatan Masjid Agung Surakarta. Di sini terdapat puluhan toko toko yang bersebelahan dan lebih banyak menjual Batik tulis dengan motif motif andalan mereka yang bagus bagus.

Anda tak hanya bisa berbelanja saja, karena di sini juga menyuguhkan pengalaman melihat pekerja sedang membatik. Hemm anda penasaran?

Pasar Kelewer

Bergeser sedikit dari kampong batik Kaumaan yang bisa ditempuh dengan jalan kaki atau naik becak, anda juga akan bertemu dengan pasar Klewer. Pasar ini merupakan tempat penjualan produk textile terbesar di Solo. Aslinya aneka fashion dijual di sini, namun anda tentunya bisa menemukan pedagang yang menjual produk batik secara grosir di sini.

Kain batik maupun busana batik yang dijual disini umumnya adalah batik yang paling murah yaitu textile yang bermotif batik atau sering disebut dengan batik print. Kalau anda mau berbelanja batik disini, silahkan pintar pintar menawar harganya agar mendapatkan harga yang lebih murah. Karena biasanya pedagang memberikan tawaran harga yang sangat tinggi kepada pembeli eceran dan apalagi orang dari luar kota yang sedang melancong.

Kampung Batik Laweyan

Nah tempat ini hampir sama dengan kampong batik kauman. Kampong batik Laweyan juga memiliki sejarah yang sudah sejak lama sekali dengan produksi batiknya. sebagai sentra batik, anda bisa menyusuri jalan jalan di sini dengan jalan kaki dan anda bisa berhenti untuk masuk di berbagai gallery yang menyuguhkan busana batik untuk batik tulis dan batik cap.

Kalau bosan dengan melihat batik di gallery, anda bisa berkunjung ke salah satu pebisnis batik yang selain memiliki gallery penjualan batik, mereka juga menawarkan wisata edukasi membatik kepada para tamu yang datang dan biasanya berada di belakang gallery batiknya.

Batik Danar Hadi

Batik Danar Hadi sebenarnya adalah sebuah brand / merek produk batik yang terkenal. Toko batik danar hadi menjual berbagai produk fashion batik mulai dari kemeja pria, aneka busana wanita, aksesoris wanita yang berbahan batik. Tentu baju batik di sini bisa dibilang sangat istimewa. Hal ini dikarenakan setiap produk yang dibuat merupakan hasil rancangan designer yang pandai memilihkan dan memadupadankan motif batik yang unik unik serta dibuat dengan potongan yang modis sehingga lebih enak dipakai dan dilihat.

Pusat Grosir Solo

Kalau anda hanya ada sedikit waktu saat mampir ke Solo dan tidak sempat jalan jalan santai ke tempat tempat tadi, maka anda bisa berkunjung ke Pasar Grosir Solo atau dikenal dengan (PGS) yang terletak di Jalan mayor Sunaryo No. 1 Gladag, Solo.

Di dalam sini anda akan menemukan puluhan toko yang menjual aneka jenis kain batik dan busana batik. Tinggal kunjungi salah satunya dan anda juga harus pintar pintar menawar agar mendapatkan harga yang pas.

Lumbung Batik

Destinasi berbelanja batik yang letaknya berdekatan dengan kampong batik laweyan adalah Lumbung Batik. Ini merupakan sebuah kompleks pertokoan yang menjual aneka produk batik. Terdapat sekitar 40 an toko yang menjajakan produk fashion batik yang bisa menjadi alternative anda ketika berbelanja. Kalau anda berada di kampong batik laweyan, anda bisa pegi ke Lumbung batik dengan naik kendaraan umum atau ojek menuju Jalan Agus Salim no 17 kelurahan Sondakan, kecamatan Laweyan Solo.

Kampong Pilang kec. Masaran Kab. Sragen

Kalau anda adalah seorang pengusaha batik dan memang sedang ke Solo untuk berburu menemukan batik yang termurah dan bisa anda ajak untuk kerjasama bisnis, maka silahkan datang ke tempat yag satu ini.

Tempat ini sebenarnya tidak berada di wilayah Solo, namun anda direkomendasikan untuk datang ke sini jika anda membutuhkan kain batik Solo atau konveksi baju batik solo yang termurah. Pasalnya banyak sekali kain batik yang dijual di pusat – pusat pembelanjaan di Solo yang asal mulanya dibuat di sini, dengan kata lain pedagang batik di Solo memesan batiknya di tempat ini.

Tempat yang dimaksud adalah sebuah kampong batik yang berada di desa pilang kecamatan Masaran Sragen. Tempat ini berjarak kurang lebih 25 Km dari kota Solo. Di sini terdapat puluhan pengrajin batik dengan skala produksi yang besar hingga kecil, pengrajin batik tulis, batik cap, dan batik print.

Kenapa anda disarankan datang ke tempat yang lebih jauh dari pusat Kota Solo? Alasannya sederhana, yaitu di desa pilang, anda bisa berbelanja batik dengan harga termurah dan juga bisa memesan untuk dibuatkan batik dengan motif custom seperti halnya baju batik untuk seragam sekolah, seragam kantor dan seragam komunitas yang biasanya bermotif khusus dan bergambar identitas organisasi tertentu.

Artikel artikel : Berwisata ke Sragen, Berwisata ke sentra batik yang Tersembunyi

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *