anduan MEMILIH BAJU BATIK, FORMAL atau CASUAL?

MEMILIH BAJU BATIK,  FORMAL  atau CASUAL?

Wahai seluruh warga Negara Indonesia, hargailah budaya nenek moyang mu, atau bangsa lain akan mengambilnya. Itulah kata kata puitis yang harusnya sobat renungi dan laksanakan perintahnya. Nah sobat, apakah kamu sering pakai batik untuk aktivitas keseharian, atau sering pakai baju batik untuk menghadiri moment moment tertentu? Sekarang ini sudah menjadi trend kalau menghadiri kondangan para tamu undangan pada mengenakan batik sebagai dress code mereka. Apalagi kaum adam yang memang secara fashion tidak punya banyak pilihan, he he he.

Sobat fashion, sekarang pemakaian batik terus meningkat trendnya, tidak hanya sebagai pakaian yang formal di acara kondangan atau kedinasan saja, tetapi juga menjadi busana kerja para pegawai negeri karena pemerintah terus menggalakkan kewajiban PNS berbusana batik di salah satu hari kerja. Begitu pula dengan pegawai swasta, banyak yang dianjurkan untuk memakai batik sebagai baju kerja ataupun juga pilihan memakai batik merupakan cara agar ada variasi style pada baju kerja mereka.

Biasanya para kaum adam cenderung cuek pada pemilihan jenis batik dan motif batik yang dikenakan. Opsi yang paling sering dicari pada batik oleh kaum pria adalah bahan yang adem, warna tidak luntur, harganya yang tidak terlalu mahal, serta kece abis jika dikenakan.


Walaupun kaum adam cuek dalam memilih batik, namun tidak ada salahnya kalau memperhatikan paduan memilih dan menggunakan batik yang pantas sehingga tidak terkesan wagu dan terkadang diejek seorang kawan gara-gara tampilan anda terlihat kurang pas di mata mereka.

Berikut adalah panduan yang perlu diperhatikan dalam memilih baju batik pria.


1. Anda pakai batik untuk keperluan apa? Acara Casual atau Formal?

Nah hal ini cukup sepele namun jangan diremehkan ya sobat. Anda mau pakai kemeja batik untuk acara casual atau formal? Batik yang akan kamu pakai untuk silaturahim ke rumah saudara, jalan jalan, untuk kerja dan untuk hadir di acara kondangan mantenan pastinya berbeda beda.

Terkadang seorang teman anda sering berkata nyeletuk, mau kondangan kemana bro…? jika anda salah memilih warna dan motif batik yang anda kenakan saat kerja misalnya saja anda adalah seorang office boy yang kerjanya mondar mandir melayani staff kantor yang lain.  

Nah sobat ternyata cukup mudah kok untuk menentukan batik apa yang akan anda pakai. Misalnya saja anda mau kerja, maka batik yang sering dipakai adalah batik berlengan pendek dan warnanya cenderung warna terang, misalnya kuning, putih, merah, biru dan lainnya. Tentu saja hal ini berbeda lagi kalau anda mau mengunjungi rumah saudara yang suasananya casual atau sekedar mau pakai batik untuk jalan jalan. Maka silahkan saja pilih batik jenis batik lukis, yang warnanya cerah dan bermotif bunga bunga dengan geometri yang besar. Sedangkan untuk hadir di acara kedinasan, resepsi mantenan, atau acara formal lainnya, maka silahkan pakai batik formal yang biasanya berbentuk kemeja lengan panjang, simple, minimalis dan mempunyai satu corak motif dengan warna dasar hitam, coklat tua dan warna tua lainnya.


2. Warna

Perhatikan pada warna dasar kain batik ya. Anda disarankan  lebih memilih batik warna yang gelap untuk acara formal, karena gelap itu kesannya elegan. Sedangkan untuk acara casual, silahkan saja memilih batik dengan warna yang cerah, seperti hijau, ungu atau merah.


3. Motif

Kalau anda mau membuat baju batik untuk keperluan acara formal, maka pilihannya bisa pakai motif batik mega mendung dari Cirebon, batik motif wahyu temurun dari solo, batik motif seribu pulau dari sragen dan lain lainnya yang memang warna dasarnya hitam atau gelap yang akan memunculkan kesan elegan ketika anda pakai.

4. Bahan

Jika kamu laki laki, maka pilih batik dari katun saja ya, meskipun batik yang terbaik adalah batik yang terbuat dari sutra. Kain batik sutra harganya berjuta juta dan lebih cocok untuk dikenakan perempuan. Kain batik katun akan cocok digunakan untuk kerja karena lebih mudah menyerap keringat. Kemudian baju batik katun juga bisa terkesan elegan kok jika dipakai sebagai dresscode di acara kondangan.

5.  Ukuran baju

Anda yang jarang sekali beli baju batik tentunya sering merasa kurang enak kalau belanja batik di toko. Ya baju batik yang dijual dipasaran sering dibuat dengan ukuran all size. Mungkin jika anda beli baju meskipun ukuran L yang dikira kira pas dengan ukuran tubuh anda, sobat akan geleng geleng kepala karena mungkin akan menemukan ukuran lengan yang terlalu lebar, panjang lengan yang bisa jadi terlalu pendek atau terlalu panjang, atau juga lebar dada yang lebih beberapa centimeter dan membuat penampilan anda kurang fit.

Solusi lain adalah membuat baju batik dan meminta penjahit custom untuk mengukur tubuh anda. Ya kalau anda punya rekanan penjahit rumahan yang murah, bisa jadi lho anda bisa mendapatkan baju batik dengan ukuran yang pas dan enak di badan serta total harga keseluruhan dengan harga kainnya bisa lebih murah dibanding beli batik di mall. Tapi itu sih terserah anda. Mau pakai langkah yang praktis belanja di mall atau langkah yang agak ribet, yaitu belanja kain setelah itu pergi ke tukang jahit dan menunggu seminggu bahkan 3 minggu untuk bisa mengenakan kemeja batik yang sesuai dengan selera dan meningkatkan mud sobat.

Salam team : grosirkainbatik.com

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *