Anda Tertarik bisnis batik?

Ini Ada 5 Tips Sukses Memulai Bisnis Batik Anda

pabrik batik akan memberikan informasi tentang batik. Hai sobat muda Indonesia. Bagi kamu – kamu yang berjiwa bisnis dan kebetulan menyukai hobi di bidang fashion, maka anda boleh mencoba peruntungan di dunia bisnis textile batik ataupun fashion batik.

Alasannya sangat sederhana, yaitu masyarakat Indonesia sangat menyukai pakaian batik sehingga pangsa pasarnya yang luas dan kebutuhan akan batik akan terus menerus ada dalam jumlah yang besar. Hal ini tentu peluang datangnya pundi pundi rupiah bagi yang bisa memanfaatkan.

Lihat saja, PNS diwajibkan pemerintah pakai seragam batik, anak sekolah dan guru guru se Indonesia juga berseragam batik, tentu ini pasar yang sangat luas. Masih kurang yakin, coba tengok, penjual penjual dan pengrajin batik yang secara ekonomi mereka punya asset rupiah yang banyak dan bahkan ada yang tergolong pengusaha yang sangat sukses.

Oke ya sobat, kalau kamu benar benar tertarik menekuni bisnis batik, silahkan simak tips tips berikut ini dan silahkan dipraktekan dalam memulai bisnis batik anda :

5 Tips Sukses Memulai Bisnis Batik

1Pahami Jenis- jenis kain Batik dan motifnya

Sobat perlu tahu bahwa kain bati yang dijual dipasaran memiliki beberapa jenis. Ada kain batik tulis, kain batik cap, dan kain batik printing. Harganya berbeda beda dan tiap motifnya juga menentukan harga. Batik tulis dijual dengan harga super mahal, karena keexklusifannya dan kerumitannya. Batik cap dijual dengan harga lebih murah dan batik print dijual sangat murah.

Ada baiknya juga kalau anda mengetahui semua motif batik dari berbagai pusat batik di jawa ini beserta makna dibalik motifnya. Hal ini dikarenakan pemakaian batik biasanya dikaitkan dengan acara tertentu sehingga sobat kalau membuat design baju, bisa menyesuaikan.

Kamu juga bisa mengeksplor beragam motif batik serta pengembangannya agar bisa membuat design baju yang lebih baik dan istimewa. Keterampilan memadu padankan kain batik dengan textile polos juga memberi nilai lebih pada hasil produk fashion batik anda. 


2Tentukan Target Konsumen Anda

Sebelum terjun dan memutuskan untuk menjual kain batik atau baju batik. Maka sebaiknya kenali dulu pasar anda, yaitu target konsumen anda. Penting juga menentukan usaha anda mau menyuplai komoditas yang dibutuhkan oleh para pedagang batik atau usaha anda memproduksi batik untuk dijual satuan atau custom.

Sebaiknya anda putuskan salah satunya. Misalnya saja anda menargetkan pasar konsumen milenial dan baju batik anda bernilai jual tinggi, maka anda bisa menjual produk anda dengan membuka boutique atau menitipkan produk di boutique atau juga dijual dengan media social atau marketplace.

Beda lagi kalau target bisnis batik anda adalah pengusaha pengadaan barang seperti halnya pencari batik untuk kebutuhan seragam sekolah dan kantor. Maka target yang dituju adalah para guru guru sekolah, pegawai tata usaha atau kalau untuk kantor dinas, yang dituju adalah staff bagian pembelian.

Maka anda bisa melakukan kerjasama dengan mengirimkan proposal pengadaan seragam batik kepada mereka ataupun juga bisa menjaring pencarian mereka dengan menggunakan media website online, karena zaman sekarang semua orang lebih suka mencari informasi di google ketika mereka membutuhkan sesuatu.

3 Pilih batik yang benar benar berkualitas

Sebelum benar benar terjun di bisnis batik, silahkan luangkan waktu dulu untuk mencari supplier batik yang menjual kain batik dengan kualitas yang terbaik dan harga yang standar. Jangan sampai anda tergiur dengan harga yang lebih murah, namun kualitasnya juga murahan.

Dalam bisnis, hal terpenting adalah memberikan kepuasan pembeli dengan cara menjual produk yang benar benar bagus mutunya dan membuat mereka merasa beruntung ketika membeli produk anda. Dengan begitu suatu hari nanti mereka akan repeat order dan yang lebih bagus lagi efeknya adalah pembeli anda akan dengan senang hati merekomendasikan relasinya untuk berbelanja ke tempat anda. Nah tentu bisnis anda akan viral dengan sendirinya dikarenakan kualitas produk di bisnis anda.


Strategi Pemasaran

Nah strategi pemasaran sudah sedikit disinggung tadi di bagian atas yaitu target konsumen. Anda bisa menggunakan proposal kerjasama, jualan batik di boutique atau jualan dengan media website dan online marketplace. Nah itu semuanya mudah. Yang paling penting adalah anda harus jeli menentukan apakah mau dikerjakan sendiri atau dilimpahkan kepada karyawan dalam tugas pemasaran ini. Kalau anda punya uang untuk menggaji karyawan yang benar benar terbukti professional untuk mendatangkan pembeli atau order atau karyawan yang pandai media online misalnya, maka jangan segan segan pakai jasa mereka untuk memperoleh penjuaan yang maksimal.


4Modal Usaha

 Nah ini bagian yang sering dikeluhkan bagi para pengusaha pemula atau pengusaha yang cara berpikirnya standar. Modalnya dari mana, modalnya kurang banyak, atau kok modalnya terbatas segini saja atau saya enggak punya duit untuk sewa toko. Nah hilangkan semua pikiran yang membelenggu dan menyesatkan itu. Banyak kok pengusaha sukses yang memulai bisnisnya dengan mencari pembeli dahulu. Bahasa lainnya adalah menemukan order atau makelaran. Ujung tombak sebuah usaha adalah penjualan. Kalau anda pandai mencari pembeli yang bersedia membayar harga yang anda sebutkan, maka anda akan sangat mudah menemukan pemasok batik yang mau kerjasama dengan anda karena mereka butuh barang mereka terjual.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *